Selasa, 28 Juli 2009

Cara Membuat blog Baru di Blogger..

Tulisan berikut saya buat untuk membantu anda yang ingin membuat blog di blogger ( blogspot) namun belum seberapa mengetahui caranya.

Perlu diketahui, untuk membuat blog maka anda harus sudah mempunyai email account terlebih dahulu. Bila anda belum mempunyai email account, maka anda harus terlebih dahulu membuat email account agar anda dapat membuat blog anda. Anda dapat membuat email pada beberapa web penyedia email gratis seperti mail yahoo, gmail, hotmail, dan lain-lain.Setelah anda mempunyai email, maka kita dapat mulai membuat blog.

1. Membuat Account Blogger.

Kunjungi situs www.Blogger.com

Dalam tutorial ini, penulis menggunakan bahasa Inggris pada blogger, apabila bahasa anda belum berbahasa Inggris maka dapat anda ganti dulu dengan bahasa Inggirs.

Untuk mulai membuat account, klik tombol “Create Blog” selanjutnya kita akan masuk ke halaman berikut nya yaitu “Create Account”. Isi semua kolom yang diminta.

Email address => di isi dengan alamat email kita (sebaiknya pakai alamat email di gmail.com).
Enter a Password => di isi password anda
Retype Password => di isi dengan password yang sama dengan yang di atas.
Display Name => di isi dengan nama kita (ini akan ditampilkan pada blog di bawah postingan anda nantinya )
Word Verification => isi persis sama dengan tulisan yang diatasnya, huruf besar ditulis dengan huruf besar begitu sebaliknya.
Jangan lupa untuk check list tanda kolom “Acceptance of Terms” dengan Klik/centang pada “I Agree the Term Service”.. Setelah selesai, lanjutkan dengan tombol “Continue”. Account blog anda sudah tercipta.

2. Membuat Nama Blog
Selanjutnya masuk ke langkah kedua yaitu “ Name Your Blog”
Masukkan judul Blog kita pada kolom “Blog title”
Title blog ini akan menjadi nama blog kita, masukkan alamat blog kita pada kolom “Blog address” maka akan menjadi alamat blog kita. Seperti contoh, penulis menulis alamat blog "rubyuniversity", maka akan menjadi alamat blog "http://rubyuniversity.blogspot.com". Kemudian kliktombol Continue.


3. Memilih Template
Klik “Choose a template”, Sekarang kita memilih template yang disediakan oleh Google, sebelumnya ada baiknya kita mem-Preview dulu sebelum melanjutkan kelangkah berikutnya.
Jika sudah cocok dengan templatenya tinggal di klik Continue.
Kalau sudah selesai, maka akan tampil halaman konfirmasi “Your Blog has been created”.
Untuk langkah selanjutnya adalah mulai untuk memasukkan tulisan kita ke dalam Blog( biasanya disebut) posting. Usahakan untuk langsung posting pada saat pertama kali berhasil membuat Blog.

Untuk anda yang ingin melihat video tutorialnya disini..

Ok, sekarang kita sudah berhasil membuat blog di Blogger.com, kalau ada masalah tinggal hubungi via email gido_4ruby@gmail.com, atau kalau ada kesalahan penulisan atau langkah-langkah harap tinggalkan komentar anda dibawah ini.

by : Rby

Tulisan yang berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

Template by : Ruby rubyuniversity.blogspot.com